Pengertian dan Contoh Kalimat Simple Present Tense

Menu Atas

Recent Posts

IKLAN RENPONSIF

IKLAN 336x280

Pengertian dan Contoh Kalimat Simple Present Tense

Rabu, 21 September 2016

Belajar Simple Present Tense - Hallo sobat-sobat semua. Pada kali ini saya akan mencoba untuk membagikan ilmu yang sedikit saya punya untuk kalian yaitu Kalimat Simple Present Tense. Di halaman ini kalian akan saya berikan Pengertian, Contoh dan Rumus Simple Present Tense. Semoga kalian bisa mengerti apa yang saya tulis dibawah nanti ya :)


Pengertian Simple Present

Simple present tense adalah sebuah bentuk kata kerja lama yang fungsi utamanya adalah untuk menceritakan/memberitahukan kejadian atau kebiasaan secara fakta pada waktu sekarang ini. Jadi maksudnya adalah, kalian membuat kalimat tersebut sesuai dengan apa yang terjadi pada saat sekarang/detik ini juga. Namanya juga "present" kan?

Sebagai contoh kalimat simple present tense; pada sekarang ini Eko sedang membaca sebuah buku. Nah, untuk membuat deskripsi tersebut menjadi sebuah kalimat simple present,
maka kalimat yang dalam bahasa Indonesia adalah "Eko sedang Membaca buku". Pada kalimat tersebut yang secara tersurat para pembaca kalimat kalian nanti pasti langsung tau bahwa Eko sedang membaca buku pada saat sekarang, bukan pada kemarin atau besok.

Untuk sebuah tense, maka bisa dibuat menjadi kalimat Positif (+), Negatif (-), atau Interogative (?/tanya). Jika sudah tau, maka kita berlanjut ke Rumus Simple Present Tense. Jika:

  1. Kalimat (+), maka S + Auxiliary do/does + bare infinitive atau S + verb1 atau S + Be (am/is/are)
  2. Kalimat (-), maka S + Auxiliary do/does + not + bare infinitive atau S + Be (is/am/are) + Not.
  3. Kalimat (?/tanya), maka Do/does + S + Bare infinitive atau Be (Am/is/Are) + S. 

Dari rumus diatas, bisa kita simpulkan; maka jika kalimat negatif, maka kita hanya perlu menambahkan 'not' di kalimat tersebut.
Dan satu lagi, jangan lupa untuk menambahkan tanda tanya (mark question) di kalimat Interogative anda.

Nah, apakah kalian sudah mengerti? Atau belum? Jika belum, kamu hanya perlu menyimpan halaman ini atau menyatat nya di buku catatan kamu dan tinggal menyanyakan lebih spesifik kepada guru/teman kelas kamu. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua :)