Gizi Ibu Hamil Trimester Ketiga Kehamilan

Menu Atas

Recent Posts

IKLAN RENPONSIF

IKLAN 336x280

Gizi Ibu Hamil Trimester Ketiga Kehamilan

Kamis, 27 Oktober 2016

Ketika ibu hamil sudah masuk pada trimester ketiga kehamilan itu artinya ibu hamil memang memiliki gizi yang perlu dipenuhi dengan sangat lengkap mengingat janin sudah kondisinya besar, mau keluar dan ibu hamil juga butuh gizi tersebut untuk menambah energi pada persalinan nantinya.
Bagi ibu hamil yang sudah berada di trimester ketiga kehamilan, istirahat yang cukup memang sangat diperlukan. Dan apa saja gizi ibu hamil trimester ketiga kehamilan yang wajib dipenuhi untuk mendukung tumbuh kembang janin dan melancarkan proses persalinan nantinya?

Gizi Ibu Hamil Trimester Ketiga Kehamilan

Gizi Ibu Hamil Trimester Ketiga Kehamilan

Kalori

Bagi ibu hamil sampai menjelang proses persalinan, mereka butuh kalori sebanyak 70 ribu sampai dengan 80 ribu kalori setiap harinya. Pertambahan kalori ini juga dibutuhkan pada minggu ke 20 akhir. Anda perlu menambah kebutuhan kalori Anda sampai dengan 285 sampai dengan 300 kalori setiap harinya. Dan pada tahap ini kalori yang dibutuhkan dalam pertumbuhan jaringan pada janin tentu saja pertumbuhan pada plasenta janin Anda dan kalori ini punya manfaat dalam menambah volume darah serta cairan ketuban didalam rahim ibu hamil.

Piridoksin atau vitamin B6

Vitamin B6 ini digunakan untuk melakukan reaksi kimia sebanyak 100 kali atau bahkan lebih. Dan kandungan vitamin B6 ini juga bermanfaat dalam membantu metabolisme ibu hamil untuk dapat memproduksi asam amino, lemak serta juga sel darah merah dan pembentukan karbohidrat. Sangat disarankan bagi ibu hamil mencukupi kebutuhan sampai dengan 2,2 mg setiap harinya.

Yodium 

Pada trimester ketiga kehamilannya, ibu hamil juga sangat butuh dengan yang namanya yodium. Mengapa? Karena yodium ini berfungsi dalam membentuk senyawa bernama tiroksin. Senyawa yang satu ini juga sangat bermanfaat untuk mengontrol metabolisme pembentukan sel baru. Kalau terjadi kekurangan dari senyawa ini dapat membuat ibu hamil mengalami pertumbuhan otak yang terganggu dan kemudian janin dapat tumbuh dengan kerdil. Mengonsumsi yodium sangat disarankan sebanyak 175 mikrogram tiap harinya karena kalau terlalu banyak juga tidak baik bagi kondisi janin didalam rahim. Karena itu penuhi kebutuhan ini dalam jumlah angka yang wajar.

Baca juga: Gizi dan Nutrisi Wajib Ibu Hamil

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang Gizi Ibu Hamil Trimester Ketiga Kehamilan. Semoga informasi diatas menjadi sebuah informasi yang bermanfaat. Yuk penuhi kebutuhan gizi diatas dan dapatkan manfaatnya bagi kesehatan ibu dan janin.