Ketahui Langkah-Langkah Menyusui yang Benar

Menu Atas

Recent Posts

IKLAN RENPONSIF

IKLAN 336x280

Ketahui Langkah-Langkah Menyusui yang Benar

Rabu, 09 November 2016

Setelah proses melahirkan pastinya setiap ibu  ingin memberikan ASI eksklusif terbaik untuk sang buah hati tercintanya. Selain bersifat alami, ASI ini juga memiliki banyak sekali manfaatnya, seperti zat anti bodi yang terkandung di dalam ASI bermanfaat supaya bayinya tidak rentan terhadap penyakit. Kendala bagi para wanita yang baru pertama kalinya melahirkan adalah belum mempunyai cukup informasi menengenai cara menyusui yang baik dan benar. Nah, untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi tentang beberapa langkah-langkah yang bisa membantu Anda untuk menyusui dengan benar. Mau tahu bagaimana langkah-langkahnya? Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Ketahui Langkah-Langkah Menyusui yang Benar

Langkah-langkah menyusui yang benar


Langkah pertamanya adalah dengan mencuci tangan Anda sampai bersih supaya terbebas dari kuman. Setelah itu, keluarkan sedikit ASI dan oleskan pada puting payudara Anda dan juga di sekitar areola Anda, hal yang satu ini dilakukan sebagai disinfektan atau pun zat bebas kuman alami dan juga untuk menjaga kelembaban puting payudara Anda.

Bayi dipegang dengan satu lengan, kepala bayinya bisa Anda letakkan pada lengkung siku Anda ya, lalu tempatkan saja bokong bayi Anda pada telapak tangan. Dan letakkan satu tangan bayi Anda di posisi belakan badan Anda, serta tangan yang satunya lagi di depan Anda. Usahakan perut bayinya menempel pada tubuh Andan dengan kepala bayi yang menghadap payudara. Peganglah payudara Anda dengan posisi jari jempol ada di atas dan jari yang lain menopang bagian bawah payudara Anda, tak perlu menekan puting susu atau pun aerola.

Baca Juga : Ketahui Alasan Mengapa Ibu Hamil Harus Makan Buah Segar

Beri rangsangan pada bayi Anda supaya membuka mulutnya, sebab bayi yang baru saja lahir masih belum terbiasa untuk meminum ASI. Rangsangan bisa dilakukan dengan cara menyentuh pipi atau pun mulut bayi Anda dnegan puting susu. Setelah bayi Anda membuka mulutnya, dekatkan kepala bayi Anda dengan payudaa dan puting susu dimasukkan ke mulut bayi Anda, usahakan supaya sebagian besar areola masuk ke dalam mulut bayi. Pada masa menyusui ini kesehatan Anda harus tetap dijaga dengan baik supaya pemenuhan gizi buah hati bisa terpenuhi dengan baik.

Nah, itulah tadi sekilas informasi yang bisa kami bagikan kepada Anda semuanya tentang beberapa langkah-langlah menyusui yang benar. Semoga saja informasi di atas bisa bermanfaat dan menginspirasi.